Daftar Buku Bestseller Oktober 2012



Ada dua hal menarik dalam pantauan buku laris untuk bulan Oktober ini. Pertama, enam di antara sepuluh buku pemuncak bulan ini bergenre biografi. Biografi Chairul Tanjung yang diterbitkan KPG pada bulan Juli 2012 menempati peringkat teratas dalam  daftar itu. Setelah empat bulan beredar, buku yang sempat heboh digugat oleh ghost-writernya ini masih perkasa. 



Biografi Dahlan Iskan, Jokowi dan Pak Harto juga termasuk dalam sepuluh teratas, bersama catatan yang ditulis Ariel semasa dipenjara dan buku tipis tentang seorang bocah ajaib yang mengislamkan ribuan orang di Afrika. Tampaknya pembaca Indonesia sangat suka membaca tentang kisah hidup orang lain, baik itu tokoh terkenal yang sepak terjangnya dalam masyarakat membangkitkan minat dan rasa ingin tahu, maupun tokoh tidak terkenal yang jalan hidupnya menciptakan sensasi.






Kedua, hanya satu dari sepuluh judul teratas itu yang merupakan buku terjemahan. Ini menegaskan tren menguatnya karya penulis lokal yang sudah terlihat sejak beberapa waktu belakangan. Buku terjemahan tidak lagi mendominasi selera pembaca Indonesia. Buku terlaris di luar negeri tidak selalu mendapatkan sambutan hangat yang sama di sini. Pembaca lebih terkoneksi dengan karya penulis lokal. 

Genrenya pun beragam, bukan hanya novel, tapi juga traveling, motivasi, dan biografi. Di bulan ini masih ada buku Keajaiban Rezeki karya Ippho Santosa yang telah menduduki daftar ini selama berbulan-bulan, novel Perahu kertas karya Dee kembali muncul di sepuluh teratas berkat kesuksesan adaptasi layar lebarnya, dan buku keempat dalam serial Naked Traveler karya Trinity. 

Berikut daftar lengkap buku bestseller Indonesia Oktober 2012:

1. Chairul Tanjung, si Anak Singkong, Tjahja Gunawan Adiredja, KPG

2. Kisah Lainnya Catatan 2010-2012, Ariel Uki Lukman Reza David, KPG

3. Bocah Yang Mengislamkan Ribuan Orang, Syarifuddin Khalifah, Ufuk Press

4. Perahu Kertas, Dee Lestari, Bentang

5. Keajaiban Rezeki, Ippho Santosa, Elex

6. Jokowi, Spirit Bantaran Kali Anyar, Domuara Ambarita dkk, Elex.

7. Naked Traveler #4, Trinity, Bentang

8. Pak Harto, The Untold Stories, Donna Sita Indria, Anita Dewi Ambarsari, Dwitri Waluyo, Bakarudin, Mahpudi, GPU

9. Illuminati, Henry Makow Ph. D., Ufuk Press

10 Sepatu Dahlan, Krishna Pabichara, NouraBooks

Popular posts from this blog

Atonement (Novel)

Bincang Buku-buku Karen Armstrong

The Bone Collector (1999)