Ruang ideal untuk menulis

saya tidak menuntut sebuah ruang yang sangat rumit. sesungguhnya menulis bagi saya adalah sebuah kegiatan yang tidak terlalu bergantung pada tempat. orang bisa menulis di mana saja. meskipun tentu saja kalau bisa melakukannya di satu tempat khusus secara teratur akan berpengaruh baik pada kegiatan tersebut. 

sebutlah syarat-syarat minimal tempat tersebut menurut saya adalah cahaya yang cukup, ketersediaan tempat untuk menyimpan buku, barangkali cukup satu rak kecil, kemudian meja yang cukup luas untuk menempatkan komputer sekaligus untuk menulis dengan tangan. 

saya senang jika mengetik di komputer dan menulis di kertas dapat dilakukan di satu meja. 

saya barangkali perlu menuliskan gambaran yang detail untuk ruang spesifik dalam bayangan saya, bukan gambaran umum yang masih membuka banyak kemungkinan. ruangan itu berukuran tiga kali tiga meter, dengan jendela besar yang membuka ke arah taman kecil yang ditata indah. wangi bungan-bunga yang sedang mekar masuk ke dalam ruangan itu ketika pagi jendela dibuka pertama kali. 

meja kerja terletak merapat di dinding kiri sehingga membelakangi jendela tapi mendapat cahaya yang cukup di siang hari. meja itu berwarna putih. seluruh perabotan di ruang itu berwarna putih dengan kombinasi bunga-bunga kecil pada lapisan luarnya. di atas meja terdapat komputer, printer, buku tulis, dan alat-alat tulis yang dikumpul dalam sebuah mug. pintu masuk ke ruangan itu berseberangan dengan jendela.

setelah membayangkan itu, mari kita mulai kegiatan inti: menulis.

Komentar

Populer

"Memento Vivere"

Pesan dari Capernaum

Pidi Baiq dan Karya-karyanya