Digital - Fisikal

Ada sebuah kalimat menarik dari entri blog yang ditulis Seth Godin di Domino Project kemarin: "If we can have books without publishing, we can also have publishing without books." Konteksnya adalah catatan yang dibuat Craig Mod tentang perjalanan dia bersama timnya membuat Flipboard, sebuah aplikasi untuk membaca majalah digital di iPad dan iPhone.  



Sejak November 2011, Craig dan timnya melakukan "perjalanan" merancang Flipboard for iPhone. Seluruh perjalanan yang bersifat digital itu terasa tanpa jejak dan tak berbatas hingga akhirnya Craig membuat buku yang mendokumentasikannya, dan mencetak buku  itu sebanyak dua eksemplar saja melalui layanan print-on-demand yang disediakan Blurb

Buku itu diterimanya sepuluh hari setelah dia menyerahkan file-nya. Pekerjaan mereka yang sepenuhnya digital lantas terasa hadir secara fisik ketika buku seberat delapan pon, setebal 276 halaman itu tiba. 

Saya suka dengan kalimat-kalimat yang digunakan Craig untuk menggambarkan perpindahan pengalaman itu: 


"Finally there were edges to this intensely immaterial process we had all been through." 

"The book represented, I believe, closure on a process that often has no closure."

"With edges comes a sense of weight. And with that comes the ability to feel — physically and psychically. And with that, a better understanding of what we've built and where we've been."


Yang menarik di sini adalah, apa yang dilakukan Craig menunjukkan betapa bagi pencipta aplikasi-aplikasi digital sekalipun, menjejakkan pekerjaan secara fisikal tetap perlu dan bahkan terasa mengagumkan. Craig merekam perjalanan digitalnya dalam bentuk buku tercetak secara fisikal, dan dengan itu pekerjaannya terasa  berbentuk dan utuh.  

We  can have books without publishing, and publishing without book, but we need to jump between digital experience to a physical one. We are not immaterial human being..

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Atonement (Novel)

Bincang Buku-buku Karen Armstrong

The Bone Collector (1999)