Akhir Riwayat Ensiklopedia Britannica


Mereka mengeluarkan sebuah pengumuman hari ini: versi cetaknya tidak akan diterbitkan lagi. "The print edition of the Encyclopaedia Britannica is no more," demikian diberitakan laman Independent hari ini. Ensiklopedia yang telah berusia 244 tahun itu mengakhiri jejak panjang edisi cetaknya pada 14 Maret 2012.

Bukan kejutan. Mungkin kita malah berpikir pengumuman ini semestinya sudah dikeluarkan sejak lama. Kenapa baru sekarang? Ada beberapa orang di dalamnya yang masih berusaha menyalakan api dengan sisa bahan bakar yang tersedia. Kini mereka menyerah.

Kapan terakhir kali Anda membuka sebuah ensiklopedia cetak untuk mencari informasi? Tak ingat lagi. Google sudah menjadi tempat kita bertanya dalam beberapa tahun belakangan ini. Entri di Wikipedia jauh lebih mutakhir (update) daripada entri yang sama di sebuah ensiklopedia cetak.

Kalau kita cermati, sesungguhnya menarik bahwa Ensiklopedia Britannica menempatkan diri sebagai akhir dari sebuah pencarian, sementara Wikipedia membaliknya. Justru dari sanalah awal pencarian kita. Selanjutnya kita bisa mempercabangkan pencarian dengan tautan-tautan yang disediakannya. Lebih meluaskan pikiran, mendorong untuk eksplorasi lebih jauh.

Namun, berakhirnya edisi kitab referensi yang pertama kali dicetak di Edinburgh tahun 1768 ini tidak mengakhiri nama Brintannica. Mereka akan beralih ke edisi digital dan menekankan pada update konten online. Kita menunggu apakah namanya bisa kembali jaya jika bertarung di referensi online.

Comments

Artikel Baru

Jangan Berani Menerjemahkan, Kecuali..

Kafka di Tengah Hujan Badai

Momen Serendipitas