Daftar Buku Best-seller Maret 2012

Jika kita tinjau daftar buku terlaris dalam beberapa waktu belakangan ini, bisa dikatakan bahwa nama penulis lokallah yang semakin banyak mendominasi. Judul-judul buku yang ditulis oleh Raditya Dika, Ilana Tan, Tere Liye, Sitta Karina, Dewi Lestari (Dee), Ippho Santosa, Rene Suhardono, Djenar Maesa Ayu, Valiant Budi, Ika Natasha, dalam tiga bulan terakhir lebih sering muncul daripada buku-buku karya Meg Cabot, Jane Costello, Johanna Lindsey, Gena Shoewalter, dan penulis novel romance lain yang biasanya menduduki daftar buku terlaris. Tentu saja ini hal menarik yang membuktikan bahwa daya saing penulis lokal semakin kuat dan karya-karya mereka lebih selaras dengan kebutuhan konsumen dibanding karya terjemahan.

Jenis buku laris itu kebanyakan berupa fiksi ringan dan menghibur, cerita lucu dan kocak. Di antara yang paling top saat ini adalah Manusia Setengah Salmon, karya Raditya Dika. Beberapa karya lama Raditya Dika pun masih muncul di daftar sepuluh judul terlaris bulan ini: Kambing Jantan, Cinta Brontosaurus, Marmut Merah Jambu, Tolong, Radith Membuat Saya Bego.


 

Tipe buku best-seller selanjutnya adalah novel-novel kisah roman dan metropop, seperti Sunshine Becomes You (Ilana Tan), Rumah Cokelat (Sitta Karina), Unforgettable (Wina Efendi), Twivortiare (Ika Natassa), Kau, Aku dan Sepucuk Angpau Merah (Tere Liye). Ada juga buku laris yang terkait dengan kicauan di twitter: Twitit (Djenar Maesa Ayu) dan Welcome to Twitterland  (Ali Akbar).

Di jajaran nonfiksi, tipe buku laris adalah buku kumpulan kisah personal karya selebritas Oki Setiana Dewi,  Sejuta Pelangi,  buku motivasi dan panduan berbisnis seperti karya Rene Suhardono, Your Journey to be the Ultimate U. Buku-buku karya Ippho D. Santosa: 7 Keajaiban Rezeki, Hanya 2 Menit Anda Bisa Tahu Potensi Rezeki Anda, 13 Wasiat Terlarang: Dahsyat dengan Otak Kanan, dan Makelar Rejeki dari Jamil Azzaini.

Selain itu, dalam daftar best-seller bulan ini mulai muncul beberapa judul yang menunjukkan selera terhadap budaya Korea di ranah perbukuan: So, I Married an Anti-Fan (Kim Eun Jeong) dan My Princess (Hyun Kyun-Sohn). Dan, seiring meningkatnya tren  mengenakan hijab yang penuh gaya, pada bulan ini muncul pula sejumlah buku best-seller seputar hijab: Inspirasi Gaya Pashmina Kasual dan Pesta (Adabina Bia), Hijab in Style (3 of Us), dan Gaya Praktis Pashmina (Mila Meiliasari).

Inilah rangkuman daftar buku best-seller bulan Maret dalam pemantauan saya. Sampai jumpa bulan depan!



Comments

  1. wah jadi pengin ke toko buku nih...

    permisi blogwalking ruryclub.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. www.bukuhidupandre.blogspot.com hihihi ...

      Delete
  2. Siip... Bulan april ini banyak buku bagus lo, buruan ke toko buku :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Artikel Baru

Nengsih: Kisah Lara dari Cimenyan

Jangan Berani Menerjemahkan, Kecuali..

Momen Serendipitas