Pengobatan Homeopati


Sebuah paket kecil beramplop coklat diantarkan ke alamat saya hari ini. Isinya: dua botol obat homeopati untuk Rasyad dan Hanifa. Saya tidak pernah tahu seperti apa bentuk obat homeopati sebelumnya. Ini dia, butir-butir putih kecil dalam botol bening setinggi tidak lebih dari tiga cm.


 Petunjuk yang diberikan praktisi homeopati yang mengirimkannya dari Ubud, Tjok Gde Kerthyasa, mengatakan obat ini dikonsumsi dua butir pagi dan sore selama seminggu. Selanjutnya  dikurangi dosisnya menjadi sekali sehari selama seminggu. 

"Setiap perkembangan dan reaksi yang muncul pada pasien setelah seminggu memakai obat penting untuk sampaikan." Demikian tertulis pada lembaran yang menyertai dalam paket ini. "Komunikasi adalah bagian yang sangat penting dari pengobatan homeopati."

Jadi, benarlah jika dikatakan bahwa homeopati adalah pengobatan yang bersifat sangat personal, disesuaikan dengan gejala dan karakteristik  unik  pasien. Beruntung saya dapat mengenali dan mengalami pengobatan homeopati dari salah satu ahlinya di Indonesia. **


Baca entri terkait: Konsultasi dengan Tjok Gde Kerthyasa

Comments

Popular posts from this blog

Atonement (Novel)

Bincang Buku-buku Karen Armstrong

The Bone Collector (1999)