Hoechst, Wisata Kota Tua Frankfurt

Panorama kota tua Hoechst
Mainhattan adalah julukan untuk Frankfurt, karena serupa dengan Manhattan di New York, kota yang dibelah sungai Main ini merupakan pusat perniagaan tersibuk di Eropa dengan ratusan pencakar langit menghiasi cakrawala. Namun bukan hanya pesona kota metropolitan yang bisa Anda peroleh dalam kunjungan ke kota ini. Bergeraklah ke sisi barat Frankfurt, tempat kawasan kota tua yang menyimpan daya tarik kota kecil bergaya klasik Eropa, yaitu kawasan Hoechst.


Hoechst adalah bagian paling menarik dan paling tua di wilayah Frankfurt. Terletak sekitar 10 km dari pusat kota, di sisi utara sungai Main, di lingkungan Hoechst terdapat banyak bangunan semi-kayu dan istana peninggalan dari abad kedelapan. Di antara bangunan tua yang terkenal di kawasan ini adalah Gereja Justinus, Istana Bolongaro, dan kastil Hoechst. Alt-Hoechst, sebuah jalur sempit di kota tua ini, menyuguhkan pemandangan jalan yang diapit bangunan-bangunan tua paling indah di Frankfurt.

Ketika pertama kali digabungkan ke dalam wilayah Frankfurt pada 1928, Hoechst diberi izin untuk mengadakan pasar setiap hari Selasa. Hingga kini pasar itu masih berlangsung pada setiap Selasa dan Sabtu pagi, dari jam 06.300 hingga 13.00. Lokasi pasar berdekatan dengan Gereja Justinus, salah satu gereja tertua Eropa yang dibangun pada tahun 830.

Bolongarostrasse

Halte di depan Hoecht Bahnhof

Jalan sempit yang diapit bangunan tua di Hoechst


Bagian yang tak boleh dilewatkan dalam kunjungan ke Hoechst adalah berjalan di taman sepanjang tepi sungai, melewati jembatan kecil tempat percabangan sungai Main dengan sungai Nidda. Sepanjang pinggiran sungai tampak pemandangan dinding benteng kuno, perahu-perahu tertambat, termasuk sebuah hotel terapung, dengan latar taman Istana Bolongaro tampak dari kejauhan. 

Hotel terapung di tepian utara sungai Main di Hoechst


Jembatan di atas sungai Nidda, percabangan kecil sungai Main yang bertemu di Hoechst


Jembatan sungai Nidda



Sebagian kita barangkali mengenal nama kawasan ini dari produk industri kimia dan farmasi dengan merek Hoechst AG. Kompleks industri itu terdapat di kawasan Hoechst Industrial Park yang akan Anda lewati dalam perjalanan dari Hoechst menuju bandara Frankfurt. Ini adalah sebuah kompleks industri luas yang menyimpan salah satu gedung ekspresionis hasil rancangan Peter Behrens. Maka lengkaplah Hoechst menyimpan dua pesona sekaligus, kawasan ultra modern sekaligus kawasan kota tua.

Taman dan jalur jalan kaki di tepian sungai Main, Hoechst

Meskipun bukan tempat penginapan yang baik untuk direkomendasikan jika tujuan kunjungan Anda adalah kawasan pameran akbar Festhalle/Messe, jalan-jalan ke Hoechst bisa menjadi pilihan di sela-sela waktu jeda dari kesibukan di tengah kota Frankfurt. Anda bisa menjangkaunya dalam waktu kurang dari dua puluh menit dengan trem no 11 dari halte Platz der Republik. Tumpangi trem ini hingga stasiun perhentiannya yang terakhir. Selanjutnya tinggal berjalan kaki menuju tepi utara sungai Main, dan menikmati udara sore yang sejuk.

Pemandangan di tikungan dekat Hotel Hoechster Hof

Hoechst saat fajar

Artikel Baru

Dua Bulan di Langit 1Q84

Dilema Schadenfreude

Nengsih: Kisah Lara dari Cimenyan