Mengenal Novelis Korea: Hwang Sun-Mi

Novel karya penulis Korea kini sudah banyak diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Penerbit-penerbit cukup gencar memburu hak terjemahannya dan menyuguhkan pemandangan baru kover-kover novel beraksara hangul di toko buku. Pada awalnya novel-novel yang dipilih terkait dengan drama Korea populer yang sudah ditayangkan di televisi, namun penerbit mulai pula melirik novel-novel umum dari penulis Korea tanpa terkait kepopuleran drama televisinya.

Seiring dengan itu mungkin saat ini sudah ada beberapa nama yang populer di kalangan pembaca di sini. Baek Young-Ok, Kim Eun-Jeong, Jung Eun Gwol, atau Guiyeoni? Terus terang, bagi saya sendiri nama-nama Korea termasuk sulit untuk diingat, sulit untuk diucapkan, dan sulit untuk membedakan apakah itu nama perempuan atau laki-laki. Tapi saya berusaha untuk mengenali mereka satu per satu. Mengenali karya mereka, prestasi novel  mereka di  dalam maupun di luar  Korea.



Saya ingin memulainya dengan Hwang Sun-Mi.  Novelnya yang paling sukses adalah Leafie, a Hen into the Wild. Novel ini telah diadaptasi ke dalam bentuk film animasi. Hak  terjemahannya telah terjual di Jepang (Heibonsha), Cina (Jieli), Polandia (Kwiaty Orientu), Vietnam (Nha Nam), Taiwan (Linking Publishing), Perancis (Flammarion), Amerika (Viking Penguin), dan Indonesia (Mizan). Di Polandia, novel ini meraih gelar "Best Books of the Spring" dan masuk nomiasi "Best Book of the Year".

Hwang Sun-Mi dilahirkan di Hongseong, Korea, pada 1963. Wanita yang memulai kariernya sebagai penulis  pada 1995 ini telah menulis 30 buku dengan genre yang beragam, mulai dari  kisah realistis, fantasi, dan fabel. Dia menyukai tema-tema pergesekan antara tradisi dan modernitas, keharmonisan dengan alam, dan pencarian kebebasan. Ketiga tema itu terlihat jelas dalam novel Leafie. Novel bergenre fabel yang ditujukan untuk pembaca anak maupun dewasa ini menampilkan kisah pengorbanan diri yang sangat menyentuh.

Leafie, a Hen into the Wild

Beberapa penghargaan yang telah diraih Hwang Sun-Mi atas  karya-karyanya adalah: SBS Children's Media Award pada 2001 dan Se-jong Children's Literature Award pada 2003

---

Karya-karya Hwang Sun-Mi:
Saemmaeul Mongdangkkaebi [The Adventures of Stubby the Broomstick]. Gyeonggi-do: Changbi Publishers, 1999. 
Magangeul Naon Amtak [Leafy, a Hen into the Wild]. Gyeonggi-do: Sakyejul, 2000. 
Gwasuwoneul Jeomnyeonghara [Capture the Orchard!]. Gyeonggi-do: Sakyejul, 2003. 
Ilgi Gamchuneun Nal [The Day of Hiding My Diary]. Seoul: Woongjin Junior, 2003. 
Nappeaun Eorinipyo [The Bad Kid Stickers]. Seoul: Woongjin Junior, 2005. 

Popular posts from this blog

Atonement (Novel)

Bincang Buku-buku Karen Armstrong

The Bone Collector (1999)