Awards @Bologna



Bologna Children's Book Fair (BCBF) adalah salah satu pameran buku internasional yang diwarnai banyak pemberian penghargaan selama hari-hari penyelenggaraannya. Setidaknya ada 9 penghargaan berikut yang diberikan selama pameran:
1. International Award for Illustration: dimulai pada 2009, bertujuan menemukan dan memberikan support kepada talent ilustrator baru.

2. ARS IN FABULA Grant Awards: dimulai pada 2012, bertujuan memberi dana untuk mengikuti pendidikan pascasarjana di bidang ilustrasi.

3. Bologna Ragazzi Award (BRAW): hadiah paling prestisius di dunia penerbitan buku anak dalam 50 tahun terakhir, penghargaan untuk keunggulan penerbitan dalam soal desain grafis, inovasi format dan kemampuan untuk menarik perhatian pembaca muda. Ada empat kategori dalam award ini: Fiction, Nonfiction, New Horizons (untuk buku-buku dari negara di mana penerbitan buku anak masih dalam pengembangan) dan OperaPrima (untuk pengarang dan ilustrator baru).

4. Bologna Ragazzi Award for art books: kategori award yang baru pertama diberikan pada tahun ini, untuk mendukung penerbitan buku seni, sejarah seni dan seni kontemporer untuk anak-anak.

5. Bologna Ragazzi Digital Awards: dimulai sejak 2012, diberikan pada aplikasi mobile atau situs web yang paling inovatif untuk anak-anak

6. Bologna Prize Best Children's Publisher of the Year (BOP): memberikan penghargaan kepada enam penerbit anak terbaik dalam hal orisinalitas dan inovasi kreatif yang masing-masing mewakili kawasan Afrika, Amerika Tengah dan Selatan, Amerika Utara, Asia, Eropa dan Oceania.

7. The Strega Ragazze e Ragazzi Award: baru dimulai pertama kali pada tahun ini, bertujuan mengampanyekan minat baca pada anak-anak, kelompok usia 6-10 tahun dan 11-15 tahun.

Di luar itu ada dua penghargaan yang diberikan pihak di luar penyelenggara pameran, namun penyerahannya selalu dilakukan pada saat pameran BCBF:

1. Hans Christian Andersen Awardpenghargaan yang diberikan oleh International Board on Books for Young People (IBBY) setiap dua tahun sekali untuk satu pengarang dan satu ilustrator. Award untuk pengarang dimulai pada 1956, untuk ilustrator pada 1966. Penghargaan yang sangat bergengsi ini kadang disebut sebagai "Hadiah Nobel untuk literatur anak".

2. Astrid Lindgren Memorial Awardpenghargaan internasional untuk literatur anak yang diberikan oleh pemerintah Swedia sejak 2002 untuk menghormati penulis buku anak Swedia  Astrid Lindgren (1907–2002). Lindgren Award setiap tahun memberikan penghargaan pada satu orang atau satu lembaga yang berkontribusi pada peningkatan minat pada literatur anak dan mengampanyekan hak kebudayaan anak pada level global.

Comments

Artikel Baru

Nengsih: Kisah Lara dari Cimenyan

Jangan Berani Menerjemahkan, Kecuali..

Momen Serendipitas