Seeing Things

Aperture Foundation biasanya menerbitkan buku foto serius, namun belakangan mulai menerbitkan buku-buku yang menyasar usia lebih muda dengan tema lebih ringan. Di antara terbitannya adalah This Equals That (Jason Fulford & Tamara Shopsin), Go Photo! An Activity Book for Kids (Alice Proujansky) dan Seeing Things (Joel Meyerowitz). Saya beruntung mendapatkan buku yang disebutkan terakhir di stand Aperture Foundation pada pameran buku Frankfurt tahun lalu.

Buku ini menampilkan 30 foto pilihan Joel Meyerowitz, masing-masing digunakan sebagai basis tutorial dengan tema-tema seperti: frame within frame, shadow play, new perspectives, mirror image, dst. Tema-tema ini disajikan dalam bahasa simpel seolah berbicara kepada anak sekolah dasar namun cukup mendalam untuk membukakan wawasan.

Joel Meyerowitz, fotografer kelahiran New York  1938 yang telah tampil dalam lebih dari 350 pameran di museum-museum dan galeri seluruh dunia dan telah menulis lebih dari 15 buku, adalah orang yang tepat untuk buku semacam ini. Dia memiliki pengetahuan ensiklopedik tentang sejarah fotografi dan kemampuan langka untuk mengartikulasikan konsep secara jernih dan inspiratif.

Dalam pengantar, dia menulis: "Saya memilih foto-foto dalam buku ini dengan harapan bahwa apa yang kamu temukan di dalamnya akan mendorongmu untuk membuka mata dan pikiranmu sehingga kamu bisa melihat dunia di sekitarmu dengan cara yang baru."

Buku ini ditargetkan untuk usia 8 sampai 12 tahun, tetapi saya kira pembaca dewasa pun dapat mengambil banyak manfaatnya.



Seeing Things: A Kid's Guide to Looking at Photographs
by Joel Meyerowitz
80 pages, 30 black-and-white and four-color images,
Hardcover 978-1-59711-315-1, Aperture, June 2016

Comments

Artikel Baru

Jangan Berani Menerjemahkan, Kecuali..

Nengsih: Kisah Lara dari Cimenyan

Momen Serendipitas