Vivian Maier: Street Photographer (John Maloof)



Penemuan anumerta koleksi foto jalanan milik Vivian Maier adalah sebuah cerita penting dalam sejarah fotografi. Terbilang istimewa bukan hanya karena foto-fotonya baru terungkap setelah pemotretnya wafat, namun juga karena sosok unik sang fotografer.

Vivian Maier (1926-2009) bekerja sebagai pengasuh anak di Chicago. Dia memanfaatkan waktu senggangnya untuk memotret. Objek yang menarik perhatiannya adalah adegan-adegan keseharian yang ditemukannya di jalanan barat daya kota Chicago. Bukan hanya orang, Vivian Maier juga menaruh perhatian pada detail-detail tak bergerak sepanjang pelataran kota.

Dia memotret dari tahun 1950-an sampai akhir 1990-an. Tapi sepanjang hidupnya, dia tak pernah mencuci film jepretan kameranya. Dia tak pernah melihat (dan memperlihatkan) hasil jepretannya kepada siapa pun. DIa memotret hanya untuk kesenangan sendiri. Semua gulungan filmnya hanya disimpan. Jumlah film negatif yang dihasilkannya mencapai lebih dari 100,000 lembar.

Tumpukan koleksi  film itu akhirnya ditemukan oleh seorang penulis bernama John Maloof dalam lelang furnitur dan barang antik di Chicago pada 2007.  Barang-barang milik Vivian dilelang karena dia tidak lagi mampu membayar biaya sewa loker tempat penyimpanannya. John Maloof memperoleh lebih dari 100.000 film negatif Vivian, sekitar 20 hingga 30 ribu negatif masih dalam gulungan. Perlahan-lahan John mulai mencuci film-film itu, dan takjub dengan apa yang ditemukannya.

Foto-foto Vivian Maier menunjukkan dirinya seorang fotografer berbakat yang peka pada detail, cahaya, komposisi dan timing. Rekaman jalanan Amerika oleh Vivian Maier dapat diperbandingkan dengan karya-karya fotografer terkenal era yang sama seperti Diane Arbus, Andre Kertesz, dan Walker Evans. Bedanya, tak seorang pun pernah mengenal karyanya semasa dia masih hidup.

Buku terbitan 2011 ini adalah satu dari tiga buku John Maloof tentang Vivian Maier. Memuat koleksi foto hitam-putihnya dari tahun 1950 hingga 1960-an, buku ini diposisikan sebagai pengantar untuk mencicipi street photography Vivian Maier. Dua buku lainnya Vivian Maier: A Photographer Found memuat sekitar 250 foto hitam-putih dan berwarna dari masa yang lebih belakangan, dan Vivian Maier: Self Portraits menampilkan sekitar 60 foto dirinya yang kebanyakan adalah refleksi cermin.

Bagi saya, pelajaran yang dapat diambil dari Vivian Maier adalah soal ketekunan tanpa pamrih.  Dia memotret tanpa peduli soal publikasi atau apresiasi siapa pun--sebuah sikap yang terasa aneh di era sosmed di mana orang terbiasa membagikan foto secara seketika.

Ratusan ribu fotonya kini dipamerkan berkeliling di berbagai kota di dunia. Saya berharap bisa menghadiri salah satu pamerannya. Dan setelah buku ini, yang paling ingin saya lihat adalah foto-foto yang diambilnya dalam kunjungan di India dan Mesir, serta foto-foto  berwarnanya.[]

Vivian Maier: Street Photographer
by Vivian Maier, John Maloof (Editor), Geoff Dyer (Introduction)
Hardcover, 136 pages
Published November 16th 2011 by powerHouse Books (first published 2011)
ISBN 1576875776 (ISBN13: 9781576875773)
Language English





Comments

Popular posts from this blog

Atonement (Novel)

Bincang Buku-buku Karen Armstrong

The Bone Collector (1999)