Tokyo: Ariake ke Koganei


Tokyo Big Sight
Juli 2013, melipir dari pameran buku Tokyo yang berlangsung di Tokyo Big Sight, bangunan  ultramodern di distrik Ariake dekat Teluk Tokyo, saya mengambil kesempatan untuk napak tilas ke Koganei, tempat saya bersama keluarga tinggal pada periode 2000-2004.

Rainbow Bridge

Ariake adalah sebuah distrik baru dengan bangunan-bangunan besar modern, jalan-jalan layang berlapis, dengan ikon terkenalnya Rainbow Bridge. Sedangkan Koganei adalah sebuah kota kecil di sisi barat Tokyo, daerah pemukiman lama dengan banyak rumah masih bergaya  tradisional. Tempat-tempat yang paling saya kangeni di sini pertama tentu saja apato tempat tinggal kami selama 4,5 tahun, Koganei Koen yang berdekatan dengan rumah sakit Sakuramachi tempat saya melahirkan kedua anak saya, dan Nukui Jinja kuil kecil dengan jembatan merah dan kolam koi di halamannya.
Taman bermain di dalam Koganei Koen
Kantor Koganei Koen

Koganei Koen yang sepi di bulan Juli
Menggunakan bus dari Ariake menuju Tokyo Eki, saya dengan mudah menemukan kembali peron JR Chuo Line menujui Koganei. Melewati Shinjuku, Nakano, Kichijoji, lalu Koganei. Banyak bangunan yang sudah berubah di sekitar stasiun, tapi jejak-jejak yang lama masih bisa ditemukan. Saya memilih berjalan kaki menuju Nukui Minami Cho. Melewati tempat-tempat yang sering saya singgahi ketika anak-anak masih bayi kecil, jalur bersepeda sepanjang tepi jalan menuju apato Megumi Sou.

Pertigaan menuju Nukui Minami Cho

Apato Megumi Sou, Nukui Minami, Koganei

Jembatan dan kolam di halaman Nukui Jinja, Koganei-shi




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Atonement (Novel)

Bincang Buku-buku Karen Armstrong

The Bone Collector (1999)