Buku Pilihan (April 2021)




Pengantar: 

Menanggapi posting saya sebelumnya bertajuk Berkawan dengan Buku, banyak teman yang meminta  saya untuk merekomendasi buku apa yang menarik untuk dibaca. Ada yang ingin meneruskan hobi membaca yang sempat mandeg, ada yang baru mau mulai menumbuhkan kebiasaan baik ini. Keduanya memiliki kebutuhan yang sama: informasi tentang buku pilihan.

Oleh karena itu saya memutuskan untuk membuat artikel rekomendasi buku. Artikel ini akan muncul secara periodik, berisi tiga saja judul pilihan saya setiap bulan. Bukan buku dari daftar bestseller, juga tidak selalu buku baru. Tapi pilihan pribadi yang saya suka dan ingin saya rekomendasikan. 

Saya tidak meresensi, hanya memberi informasi. Sebab, kurangnya informasi adalah salah satu faktor yang membuat buku tidak sampai ke tangan pembaca. Teks informasi sebagian besar diambil dari sinopsis di sampul belakang buku ditambahkan informasi dari sumber lainnya yang saya anggap menarik dan penting untuk ditambahkan. 

Saya berharap setidaknya daftar rekomendasi saya membantu teman-teman untuk  menjawab pertanyaan baca buku apa saya sebaiknya, baca buku apa hari ini, buku apa yang bagus untuk dibaca. Menemukan buku yang tepat, adalah kunci untuk membuka pintu menuju kegemaran membaca yang mengasyikkan. 

"Cuma perlu satu buku untuk jatuh cinta pada membaca. Cari buku itu, mari jatuh cinta!" (Najwa Shihab)




PAK TUA YANG MEMBACA KISAH CINTA
Luis SepĂșlveda

Di desa kecil di tengah rimba raya Ekuador, seorang kakek tua menyepi mencari kedamaian ditemani novel-novel cinta picisan yang didapatnya dari rumah bordil hilir sungai. Tapi kedamaian rupanya mustahil saat “peradaban” terus merangsek masuk menembus hutan. Ladang minyak. Demam emas. Perburuan. Alam pun membalas dendam lewat seekor macan kumbang. Seisi desa ter­ancam dan si kakek tua tahu tak ada yang sanggup menghadapi hewan itu selain dirinya.

Kisah memukau tentang belantara Amazon dari seorang penulis Cile yang diasingkan oleh rezim militer Pinochet. Telah diterjemahkan ke lebih dari 30 bahasa dan difilmkan ke layar lebar.

Penerbit: Marjin Kiri
Jumlah Halaman: 133
ISBN 978-979-1260-71-8



SI TUKANG ONAR
Maxim Gorky

Diterjemahkan dari Tales of Italy yang pertama kali terbit tahun 1911. Buku ini memuat 15 cerpen, satu di antaranya berjudul Si Tukang Onar dan dipilih menjadi judul buku. 

Kumpulan cerpen ini adalah salah satu karya penting Maxim Gorky. Cerita-ceritanya memotret perkara-perkara yang seolah remeh, tapi mampu membangkitkan kesadaran akan rasa kemanusiaan dan menyisakan gaung nyaring dalam pikiran pembaca. Sebuah karya penting yang dialihbahasakan dengan begitu apik oleh Eka Kurniawan.

Penerbit: Baca
ISBN: 978-602-6486-27-1
Jumlah Halaman: 157




KITAB KAWIN
Laksmi Pamuntjak

Buku kumpulan cerpen ini terbit pada Februari 2021, memuat 11 cerita pendek yang mengisahkan perempuan dari berbagai perspektif dan banyak latar belakang profesi, usia dan kepribadian.

Kita bertemu perempuan pekerja toserba, karyawan, seniman paruh baya, instruktur yoga, hingga ibu-ibu borju. Beraneka masalah dihadapi oleh mereka: ada yang selingkuh sebab suaminya dingin di tempat tidur, sampai yang pacaran sana-sini karena suaminya berpoligami. Dari yang mati-matian mencintai istri abangnya, sampai yang naksir menantunya sendiri. Ada yang disodor-sodorkan ke laki-laki lain oleh suaminya demi kepuasan sang suami, dan ada pula yang dihajar oleh suaminya di hadapan orang banyak. 

Dari rumah-rumah kelas menengah atas Jakarta, kota kecil di daerah pedesaan Jawa Tengah, atau pedalaman Pulau Buru, kitab-kitab ini tak saja berkisah tentang jiwa-jiwa yang buncah, kesepian dan telantar, serta tubuh-tubuh yang terpasung dan disakiti, tapi juga tentang jiwa-jiwa yang berontak dan merdeka, dan yang berani merumuskan ulang hukum-hukum perkawinan bagi diri mereka sendiri. 

Penerbit: Gramedia
ISBN: 9786020650746
Jumlah Halaman: 288

Komentar

Populer

"Memento Vivere"

Pesan dari Capernaum

Pidi Baiq dan Karya-karyanya