Buku Pilihan (Juni 2021)


 

Pengantar: 

Juni mengingatkan kita pada Sapardi. Judul buku itu teramat melekat di benak kita, sehingga seperti sekawan dalam satu sebutan. Dari puisi, karya sang maestro ini beberapa kali alih wahana ke musikalisasi, novel dan film. Bulan ini saya memilihkan trilogi yang lahir dari puisi itu selain dua novel lain karya penulis muda untuk mengimbanginya.

Selamat menikmati bulan Juni.





Trilogi Hujan Bulan Juni
Sapardi Djoko Damono


Hujan Bulan Juni bermula dari kumpulan puisi yang ditulis pada 1964-1994. Puisi itu kemudian berkembang menjadi sebuah novel trilogi, yang pertama kali diterbitkan pada 2015. Jilid pertama dalam trilogi ini dibuat berdasarkan tafsiran puisi Hujan Bulan Juni. Novel setebal 144 halaman itu bercerita mengenai kisah getir dan manis Sarwono dan Pingkan, ditambah dengan kehadiran Katsuo pada jilid selanjutnya. 

Beragam tanggapan pembaca mengenai buku ini. Ada yang menyebutnya rumit, sulit dimengerti, jauh dari ekspektasi tentang karya Sapardi. Tapi ada pula yang menikmatinya sebagai sebuah novel liris, yang mampu membawa pembaca memasuki budaya Jawa dan Jepang yang menjadi latar para tokoh utamanya. Kesan tentang sebuah buku memang tidak tunggal, sering kali ditentukan oleh  suasana hati dan selera pribadi pembaca. 







Jakarta Sebelum Pagi 
Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie

“Jam tiga dini hari, sweter, dan jalanan yang gelap dan sepi .... Ada peta, petunjuk; dan Jakarta menjadi tempat yang belum pernah kami datangi sebelumnya.”

Mawar, hyacinth biru, dan melati. Dibawa balon perak, tiga bunga ini diantar setiap hari ke balkon apartemen Emina. Tanpa pengirim, tanpa pesan; hanya kemungkinan adanya stalker mencurigakan yang tahu alamat tempat tinggalnya.

Ketika—tanpa rasa takut—Emina mencoba menelusuri jejak sang stalker, pencariannya mengantarkan dirinya kepada gadis kecil misterius di toko bunga, kamar apartemen sebelah tanpa suara, dan setumpuk surat cinta berisi kisah yang terlewat di hadapan bangunan-bangunan tua Kota Jakarta.

Penerbit: Grasindo
Jumlah Halaman: 280
ISBN: 9786023758449





Perjalanan Mustahil Samiam Dari Lisboa 
Zaky Yamani

Samiam Nogueira hanyalah pedagang rempah yang tak mengenal dunia selain tanah dan laut Lisboa. Namun ada dua hal yang memaksa Samiam melepaskan kenyamanannya: Peta Orang Jawa, dan munculnya sosok bayangan hitam yang mendorongnya untuk melakukan perjalanan mencari ayah kandungnya, yang konon seorang pangeran di suatu tempat bernama Jawa. 

Sementara itu, kerajaan Portugal diteror organisasi pemberontakan rahasia bernama Porto de Graal, yang tidak puas dengan pemerintahan yang dikuasai pemimpin Kristen dan Takhta Suci. Pada masa genting itu, Samiam mengetahui bahwa orangtua angkat, tunangan, dan mertuanya ternyata terlibat dalam organisasi pemberontakan tersebut. 

Demi membalas budi, Samiam memulai misi pertama yang mengguncang nurani: berkomplot membunuh Paus. Misi Porto de Graal melemparnya semakin jauh dari pencarian sosok sang ayah. Kendati demikian, Porto de Graal sendiri merupakan kunci bagi Samiam dalam menemukan jati dirinya. Akankah ini menjadi perjalanan yang mustahil bagi Samiam?

Penerbit: Gramedia 
Jumlah Halaman: 368
ISBN: 9786020648613

Popular posts from this blog

Atonement (Novel)

Dua Bulan di Langit 1Q84

Tiga Keunggulan Ensiklopedia "How and Why"