Eric Weiner dan Pembaca Indonesianya


Buku berjodoh dengan pembacanya. Entah dengan cara apa, mereka akan bertemu di suatu waktu, di suatu tempat. Kisah-kisah perjodohan dengan buku ini banyak bertebaran dalam testimoni para pembaca buku Eric Weiner yang sempat berjumpa dengan sang penulis di Jakarta. 

Eric Weiner diundang ke Indonesia oleh Mizan yang sedang merayakan ulang tahun jelang usia empat puluh pada Sabtu 23 Oktober 2022. Para pembaca dan peminat buku perjalanan dan filsafat hidup berkesempatan mengungkapkan kesan mereka membaca buku Eric langsung di hadapan sang penulis. 

Salah seorang hadirin bercerita bagaimana dia mendapati buku The Socrates Express tergeletak di kamar hotelnya seolah-olah ditujukan untuknya. Setelah mulai membaca bab pertama, dia begitu terkesan dan tidak bisa berhenti membaca karena menemukan uraian yang terasa sangat pas berbicara untuk keadaan dirinya.  

Trinity penulis buku perjalanan serial Naked Traveler, yang menjadi moderator dalam acara bincang bertajuk Journey to the world of wisdom di hari itu, berkomentar di instagramnya: "Can't believe I met one of my idol authors: @ericweinerbooks! 😍 Baca bukunya sejak 2010. Tulisannya bukan sekedar tentang perjalanan, tapi juga filosofis, inspiratif, dan kocak!"




Hani @riswihani berkomentar tentang The Geography of Bliss: "The stories in this book are told in simple language that doesn't bore you...."



Fauzan Mukrim merasa beruntung bertemu denan penulis favoritnya, "Buku pertamanya The Geography of Bliss bercerita tentang perjalanannya keliling dunia mencari negara yang penduduknya paling bahagia. Saya punya buku itu sejak bertahun-tahun lalu." 



Isti Toq'ah @buildingpeace, mendapat peneguhan betapa hidupnya masih layak untuk dijalani, setelah membaca tiga buku Eric: "I didn't expect that I would meet the writer of 3 books that assured me that I (still) deserve to continue my life. " 



Irsyad Madjid mendapatkan jawaban yang sangat mengesankan untuk pertanyaannya, "What inspire you the most, so you can write that sentences, what journey that you have been experienced?"



Ning Nathan merasa mendapatkan jawaban atas keinginannya secara tak terduga mendapat kesempatan bertemu dengan Eric Weiner @ningnathan: "I just sent the signal to the universe, then i got the chance to learn about travel writing from akademi.penulis.id. it does not take a long time from there I met Wric Weiner the philosophical traveler who wrote some wonderful books from his journey."



Bagi Eric Weiner sendiri, bertemu dengan pembaca-pembacanya di Indonesia kali ini ini sungguh menyenangkan dan sangat berkesan. Interaksi yang hangat dalam waktu singkat memberi kesan yang mendalam, meskipun dalam karier panjangnya sebagai mantan wartawan NPR, Eric telah pernah  belasan kali berkunjung untuk tugas peliputan berita ke Jakarta.



Komentar

Populer

Pidi Baiq dan Karya-karyanya

Mengenang Pencetus "Megatrends"

Tergegas Diisap Langit