Drama Perburuan "The Casual Vacancy"


J.K. Rowling has a new book... and it's not for kids.” Demikian kalimat pembuka dari majalah berita perbukuan Publishers Weekly ketika pertama kali mengabarkan tentang rencana penerbitan novel dewasa pertama karya penulis fenomenal J.K. Rowling.


Berita itu pertama kali menyebar pada 23 Februari 2012. Tak banyak informasi yang disampaikan sumber-sumber berita saat itu. Semuanya hanya menyebutkan bahwa penerbit Little, Brown di Inggris telah mendapatkan hak penerbitan atas novel tersebut; bahwa novel yang diageni oleh The Blair Partnership ini akan dieditori oleh David Shelley. Rincian lain menyangkut judul, jumlah halaman, dan tanggal publikasinya akan diumumkan belakangan di tahun ini. Ditegaskan pula bahwa buku ini akan diterbitkan dalam edisi cetak dan digital sekaligus.

Meski hanya dengan sejumput kecil informasi, tanggapan dan komentar dari berbagai penjuru begitu riuh. Karya pengarang yang telah mengguncang dunia dengan tujuh novel dalam serial Harry Potter ini, sangat dinanti-nanti, seolah-olah apa pun yang dituliskannya akan menjadi mantra bagi sebuah buku laris kelas dunia. Tak ketinggalan kami dari Penerbit Mizan pun ingin menjadi rumah kedua untuk menaungi penerbitan novel tersebut di Indonesia.

Mizan bersegera menghubungi agen The Blair Partnership dalam waktu kurang dari dua puluh empat jam setelah berita itu menyebar. Dengan berbekal profil perusahaan dan daftar buku-buku best-seller kelas dunia lain yang pernah diterbitkan, Mizan menawarkan diri untuk menjadi penerbit edisi Indonesia novel J.K. Rowling.

Seminggu kemudian datang email balasan yang menjelaskan bahwa agen J.K. Rowling membuka peluang bagi semua penerbit buku dewasa untuk mengajukan penawaran, namun tidak dapat mengirimkan manuskrip untuk dibaca dan dievaluasi terlebih dahulu oleh penerbit karena alasan keamanan dan kerahasiaan. Mereka menetapkan suatu tanggal sebagai waktu pengiriman penawaran, tak boleh sebelum atau sesudah itu.

Baiklah, tapi sempat terlintas dugaan barangkali J.K. Rowling memang belum menyelesaikan naskahnya. Namun tampaknya fakta itu tidak mengurangi antusiasme penerbit untuk bersaing memperoleh hak penerbitan karyanya sejak dini. Sekitar bulan April baru muncul berita bahwa judul novel tersebut adalahThe Casual Vacancy, sebuah novel berlatar kehidupan kota kecil di Inggris, dengan gaya satir-komedi dan bertema politik. Bikin penasaran, bukan?

Tepat pada waktu yang ditetapkan, kami mengirimkan proposal penerbitan untuk edisi cetak dan ebook novel J.K. Rowling. Ketegangan yang diciptakan oleh pembatasan waktu itu setara dengan menunggu pengumuman kelulusan ujian masuk perguruan tinggi. Banyak pengandaian muncul tentang situasi yang bakal menghadang: kalau-kalau listrik padam pada saat itu atau saluran internet ngadat, komputer bermasalah, atau hal-hal di luar dugaan lainnya. Perlu menyiapkan beberapa alternatif pengiriman untuk berjaga-jaga dari kemungkinan itu. Namun alhamdulillah pengiriman penawaran pertama berhasil dilakukan tanpa hambatan.

Kabar gembira kami dapatkan tiga hari kemudian: Penerbit Mizan tepilih masuk ke dalam tahap penawaran kedua. Pada tahap kedua ini, penerbit terpilih menyusun penawaran yang lebih lengkap, mencakup seluruh aspek penerbitan, termasuk rencana pemasaran dan promosi, dan menunjukkan kesesuaian novel ini dalam program penerbitan yang selama ini dijalankan. Hanya ada waktu tiga hari untuk menyempurnakan proposal, dan itu adalah hari-hari akhir pekan yang padat acara keluarga.

Koordinasi cepat dilakukan dalam waktu tiga hari itu, membuat rencana pemasaran dan promosi, penjelasan tentang jaringan distribusi, uraian tentang kekuatan dan kesuksesan terdahulu, selain hitungan-hitungan berdasarkan prediksi harga jual dan oplah. Hingga menit-menit terakhir sebelum tenggat, masih dilakukan beberapa perubahan kecil nan strategis terhadap proposal yang disusun.

Alhamdulillah, proposal yang kami susun berhasil meyakinkan agen untuk bermitra dengan kami dalam menerbitkan novel dewasa pertama J.K. Rowling di Indonesia, namun masih ada syarat yang perlu dipenuhi yaitu peningkatan persentase royalti secara bertahap.

Kapitalisasi pengarang memang sangat terasa dalam proses ini. J.K. Rowling bukan seorang penulis biasa, dia adalah penulis terkaya di dunia saat ini. Serial Harry Potter membanjiri dunia hingga mencapai 450 juta eksemplar, diterjemahkan ke dalam lebih dari 70 bahasa di 200 negara. Pesona kelihaiannya bercerita dalam Harry Potter membuatnya memiliki rombongan penggemar fanatik yang setia menunggu karyanya. Pembaca remaja Harry Potter pun kini telah beranjak dewasa. JK Rowling seperti menuliskan novel untuk mereka yang telah tumbuh bersama Harry Potter, menjadi pembaca dewasa.

Seluruh prestasi yang telah diraih J.K. Rowling dalam karier kepenulisannya menjadikannya mahabintang di dunia kepenulisan dan apa pun yang dituliskan akan dipandang sebagai mahakarya. Tidak mudah untuk mendapatkannya. Kerja keras menanti untuk menjadikan harga naskah ini menjadi layak baginya.

Dengan berbagai pertimbangan, syarat terakhir yang diminta agen itu bisa disetujui. Akhirnya, pada 18 Juni 2012, The Blair Partnership dengan resmi memilih Mizan sebagai mitranya dalam menerbitkan novel dewasa pertama J.K. Rowling di Indonesia.[]

Comments

Popular posts from this blog

Atonement (Novel)

Bincang Buku-buku Karen Armstrong

The Bone Collector (1999)