Istanbul dan On Reading




Dua buku pilihan saya untuk melewati akhir pekan ini : Istanbul: City of a Hundred Names (Alex Webb) dan On Reading (Steve McCurry). Kedua buku ini punya dua kesamaan: sama-sama bergenre foto jalanan dan diberi kata pengantar oleh dua penulis terkemuka. Yang pertama dari Orhan Pamuk, yang kedua dari Paul Theroux. 

Dalam pengantarnya Orhan Pamuk, peraih Nobel Sastra 2006 yang warga Istanbul menggambarkan kotanya sebagai memiliki melankoli (huzn) bawaan yang kental. Melankoli itu terpancar di wajah-wajah orang, jalanan, stasiun, toko roti, anak-anak, sekolah, reruntuhan kota lama, bahkan dalam novel dan puisi. Tak terelakkan melankoli Istanbul juga terekam dalam foto-foto yang diambil Webb di kota ini dalam beberapa kali kunjungan sejak 1998. Pengantar Pamuk ini diambil dari bab berjudul "Huzun" dalam bukunya Istanbul: Memories ad the City. 

Dari "Istanbul", Alex Webb
Foto pertama yang ditampilkan dalam buku ini diambil di atas ferry yang tengah melayari Selat Bosphorus. Seorang penumpang lelaki yang tampak bosan memandang ke luar jendela. Pilihan foto sebagai penanda Istanbul sebagai kota yang secara unik terletak di garis perbatasan Asia dan Eropa, sebuah tema yang sangat diakrabi oleh Alex Webb yang kerap memotret di perbatasan AS-Meksiko.

Pengantar Paul Theroux untuk buku McCurry terbaca hampir seperti sebuah laporan perjalanan, bukan perjalanan di atas bumi, melainkan di lanskap ide-ide para penulis yang telah dibacanya. Sebuah tamasya asyik dalam rentang waktu panjang sejak masa kecil hingga usia senjanya kini. Baginya foto-foto dalam buku Steve McCurry ini mencerminkan semua yang dirasakannya tentang membaca: keasyikan dalam kesendirian, tatapan mata berbinar, postur relaks, kegembiraan.

Dari "On Reading", Steve McCurry
Buku ini merupakan persembahan McCurry kepada fotografer legendaris Andre Kertesz, yang pernah menerbitkan buku dengan judul yang sama pada 1971. Bagi saya ini menandakan bahwa dari zaman ke zaman, membaca adalah aktivitas manusia yang takkan pernah hilang dan senantiasa menarik untuk diamati.


Istanbul: City of a Hundred Names 
by Alex Webb  (Photographer), Orhan Pamuk (Essay)
Hardcover: 136 pages
Publisher: Aperture; First edition (May 1, 2007)
Language: English
ISBN-10: 1597110345
ISBN-13: 978-1597110341

On Reading
by Steve McCurry (photographer) 
Introduction by  Paul Theroux
Hardcover 144 pages
Publisher Phaidon Press Ltd, UK (03 Oct 2016)
Language English
ISBN10 071487129X
ISBN13 9780714871295

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Atonement (Novel)

Bincang Buku-buku Karen Armstrong

The Bone Collector (1999)