Children (Sebastião Salgado)



Saya terhenti lama di halaman 46. Tatapan anak itu seperti mengalirkan energi, lembut sekaligus kuat, menghangatkan. Lengan kanannya putus. Baju kusamnya terpasang miring di bahu, terlalu longgar untuk ukuran tubuhnya. Tanpa kata-kata, seluruh kisah hidupnya tersirat lewat sorot mata. Keadaannya memang menyedihkan, tapi wajahnya menunjukkan keikhlasan luar biasa. Dari caption kita tahu dia berada di sebuah sekolah untuk anak-anak pengungsi di Sudan. Foto diambil tahun 1995.


Sejujurnya, setiap potret dalam buku ini dapat membuat kita tertegun. Diterbitkan Taschen pada 2016, buku foto karya Sebastião Salgado ini menampilkan 90 potret anak-anak migran dan pengungsi dari berbagai belahan dunia. Semua berusia di bawah 15 tahun. Dari jalanan di Angola dan Burundi, sudut-sudut kota kumuh di Brazil, hingga kamp-kamp yang terserak di Afghanistan, Sudan, Lebanon, dan Irak.

Setiap kali Salgado datang ke suatu tempat, anak-anak adalah kelompok yang menyambutnya paling antusias. Digerakkan oleh rasa ingin tahu yang polos, mereka mengerubungi orang asing yang membawa perangkat kamera di tangannya. Bertanya ini itu. Untuk meredakan keriuhan mereka, agar dia bisa mulai bekerja tanpa terusik, Salgado akhirnya meminta mereka berbaris untuk bergantian dipotret satu per satu.

Hasilnya tak terduga, sebuah portofolio potret yang indah, dengan kekuatan cerita yang membuatnya layak dikoleksi. Untuk sejenak waktu yang terbekukan di dalam potret tersebut, tergambarkan koneksi kuat antara subjek yang dipotret dengan sosok yang ada di balik kamera.

Ragam emosi memancar dari mata mereka. Setiap potret  membawa impresi berbeda: menularkan senyum, malu, kepolosan, kecewa, tak percaya, harapan, kesedihan, ketakutan, kegetiran, kerinduan, tekad. Dan pada anak usia jelang remaja, beratnya pengalaman hidup sejak kecil telah membentuk mental yang lebih gigih. Mata mereka  berkata, aku berani, aku siap,  aku bisa menerjang tantangan apa pun yang menghadang.

Bagi saya ini adalah sebuah buku yang takkan pernah selesai dibaca. Kisah anak-anak itu akan terus mengalir setiap kali kita kembali melihat foto-foto mereka.[]


Children
Sebastião Salgado, Lélia Wanick Salgado
Hardcover, 24.8 x 33 cm, 124 pages
ISBN 978-3-8365-6136-5
Multilingual Edition: English, French, German

Komentar

Populer

"Memento Vivere"

Pemberontakan seorang "Freelance Monotheist"

Pidi Baiq dan Karya-karyanya