Eric Carle, Si "Ulat Bulu yang Sangat Lapar"

Eric Carle. Foto (c)Jodi Hilton


Eric Carle, penulis dan ilustrator buku anak terkenal itu, wafat 23 Mei lalu pada usia 91 tahun. Saya punya kenangan khusus tentang Eric Carle. Maksud saya dengan buku-bukunya, tentu saja. The Very Hungy Caterpillar karya Eric Carle adalah salah satu buku yang paling sering saya pinjam di perpustakaan daerah Koganei untuk anak sulung saya waktu dia masih kecil, sekitar tahun 2000-an. 

Bagi anak usia tiga tahun, buku itu memberi keasyikan yang lengkap. Membacakannya tak kalah seru dengan kegiatan bermain. Alur ceritanya sederhana dan mudah diikuti, dekat dengan lingkup pengalaman keseharian dan kosakata anak  yang baru berkembang. Teksnya singkat dan mudah ditebak karena banyak pengulangan kata yang sama. Repetisi dan rima adalah hal penting dalam buku anak.


Tema utama dalam buku ini adalah tentang anak-anak dan pertumbuhan. Buku ini memperlihatkan pertumbuhan seekor ulat bulu yang kemudian berubah menjadi seekor kupu-kupu yang cantik. Diceritakan betapa si ulat bulu ini dengan rakus melahap apel, pir, persik, jeruk, stroberi, kue coklat, es krim, asinan, keju, salami, permen lolipop, pai ceri, sosis, kue mangkuk, semangka, dan dedaunan.

Ulat bulu memakan bermacam-macam jenis makanan setiap hari. Setelah makan terlalu banyak, ulat bulu itu jadi sakit perut. Pengalaman buruk karena terlalu banyak makan mendorong perubahan atau pertumbuhannya.

Selain kegiatan membacakannya, buku ini juga bisa digunakan untuk mengenalkan angka, warna, kebiasaan makan yang baik. Ilustrasinya berukuran besar di atas latar putih, kontras yang tercipta menarik perhatian anaknya dengan cepat. 



Pada 2008, buku ini pernah mendapat reaksi negatif di Inggris. Perpustakaan-perpustakaan di Herefordshire, Inggris, mengeluarkan buku ini dari koleksi mereka selama program kampanye kebiasaan makan yang sehat, karena buku ini ditafsirkan mendorong konsumsi berlebihan dan obesitas. Sejak pertama terbit pada 1969, The Very Hungry Caterpillar telah terjual lebih dari 55 juta eks. di seluruh dunia, diterjemahkan ke dalam 60 bahasa.

Eric menggunakan teknik kolase kertas berwarna untuk menciptakan warna dan bentuk yang tidak biasa dalam buku-buku karyanya. Selama kariernya sebagai penulis dan ilustrator buku anak, Eric telah menghasilkan sekitar 70 buku cerita bergambar untuk anak-anak. 

Sungguh sumbangsih yang luar biasa untuk menciptakan kegembiraan bagi anak-anak untuk membaca buku. RIP Eric Carle.




  





Rujukan:
https://en.wikipedia.org/wiki/The_Very_Hungry_Caterpillar
https://en.wikipedia.org/wiki/Eric_Carle

Popular posts from this blog

Atonement (Novel)

Dua Bulan di Langit 1Q84

Tiga Keunggulan Ensiklopedia "How and Why"